USULAN DESAIN PRODUK LEMARI PAKAIAN KAYU DENGAN METODE THEORY OF INVENTIVE PROBLEM SOLVING (TRIZ) DI ALFIN MEUBEL BOYOLALI
Keywords:
Desain, Kayu, Theory Of Inventive Problem SolvingAbstract
Produk adalah objek yang dapat didistribusikan atau dipasok ke pasar sebagai hadiah, diperdagangkan, digunakan, dieksploitasi, atau dikonsumsi untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan apa pun. Dari sudut pandang teoritis, produk adalah persepsi subyektif terhadap sesuatu yang ditawarkan produsen berdasarkan persaingan, kemampuan, dan daya beli produk, melalui pemuasan kebutuhan dan aktivitas transaksional dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan konsumen pada produk lemari pakaian kayu dengan struktur yang lebih baik, serta mendesain produk lemari pakaian kayu yang inovatif, efisien dan sesuai keinginan konsumen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperlukan desain yang akan menjadi usulan desain yang sesuai dengan kriteria keinginan dan kebutuhan konsumen, mulai dari segi tampilan ataupun bahan.
References
Anggit, Yoebrilianti. Pengaruh promosi penjualan terhadap minat beli produk fashion dengan gaya hidup sebagai variabel moderator, Jurnal Studi Kasus Pada Jejaring Sosial, Jakarta : 2014
Anggraeni dan Desrianty, Analisis Kelayakan Usaha, Jurnal Ekonomi, Sulawesi : Yuniar, 2013
Aviska, Nuravianti and Fitriani, Risma. Inovasi Produk Dan Analisis Kelayakan Bisnis Pada Lemari Pakaian Kayu. Performa: Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Jakarta : 2021
Fauzan, R. Analisis Pengembangan Bisnis Retail Furniture, Studi Kelayakan Bisnis LD. Furniture, dengan Metode Capital Budgeting (Doctoral dissertation, STIE Indonesia Banking School), 2012
Kartani, Andrian, Perancangan Prototipe Alat Penghalus Nasi Ketan Kue Kelontong Menggunakan Metode TRIZ, Jurnal Teknik Industri, Bandung : Ahmad zaldi, 2019
Nanda, Kartika Rachmah. Desain Alat Membatik (Canting) Yang Ergonomis Dan Inovatif Untuk Difable. Ms Thesis. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta : UII, 2018
Raharjo, Tri Weda, Penguatan Strategi Pemasaran Dan Daya Saing UMKM Berbasis Kemitraan Desa Wisata. Jakad Media Publishing, Jakarta : Septa Rinawati, 2019
Renata, Agus Yoan, Pengaruh Total Quality Management pada Sistem Pengukuran Kinerja Terhadap Pengembangan Produk dan Efisiensi Biaya: Studi Kasus pada PT Bintang Alam Semesta. Jurnal Akuntansi,(Jakarta : Anggraeni, 2012
Sarastuti Dian, Strategi komunikasi pemasaran online produk busana muslim queenova, Jurnal Visi Komunikasi, Bandung : Ferninda, 2017
Setiawan, Heri Cahyo Bagus, Manajemen Industri Kreatif: Teori dan Aplikasi, Jurnal Teknik Industri, Sidoarjo : PT. Berkat Mukmin Mandiri, 2020
Supit, and Tiatra, Analisis persediaan bahan baku pada industri mebel di desa leilem, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Sulawesi : Arrazi Hasan Jan, 2015
Siahaan, Santi, Desain Kemasan Produk Menggunakan Metode Quality Function Deployment pada Tahu di Batam. Diss. Prodi Teknik Industri, Batam : Agustina, 2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially