KETERKAITAN HAK ASASI MANUSIA DENGAN DEMOKRASI DALAM SISTEM HUKUM TATA NEGARA DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.54622/ijsl.v2i1.362Kata Kunci:
Demokrasi, Hak Asasi Manusia, Indonesia, Sistem Hukum Tata NegaraAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tiga aspek utama: (1) prinsip demokrasi yang mengatur perlindungan hak asasi manusia di Indonesia; (2) kaitan hak asasi manusia serta demokrasi berdasarkan sistem hukum tata negara di Indonesia; serta (3) upaya mengatasi hambatan dalam mengamankan keharmonisan antar hak asasi manusia serta demokrasi berdasarkan sistem hukum ketatanegaraan Indonesia. Penelitian ini didasarkan pada metode penelitian yang bersifat deskriptif, dimana berupaya menyajikan gambaran rinci serta komprehensif tentang proses, item, kegiatan, serta orang-orang yang terlibat. Temuan penelitian menunjukkan bahwa demokrasi pada pancasila di Indonesia mengisyaratkan tentang hak asasi manusia melalui konsep-konsep seperti Kedaulatan Rakyat, Kemanusiaan yang Adil serta Beradab, Persatuan Indonesia, serta Demokrasi Terpimpin. Pendekatan ini meningkatkan pengawasan pemerintah, mendorong keterlibatan masyarakat, serta memperluas akses terhadap keadilan. Namun, menyeimbangkan hak asasi manusia dengan demokrasi menimbulkan tantangan, termasuk penegakan hukum yang tidak memadai, konflik, serta bias.
Referensi
Abdillah, M. (2015). Islam serta Demokrasi Respons Intelektual Muslim Indonesia Terhadap Konsep Demokrasi 1966-1993. Prenada Media.
Akbar, A., Sihabudin, M. Y., Firdaus, R. E., & Pahreji, R. (2023). Perkembangan Demokrasi di Indonesia. Advances In Social Humanities Research, 1(5), 627-635.
Arnol, A., Firdaus, K., Wahyuri, A. S., & Lawanis, H. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Keterampilan Belajar pada Teknik Dasar Futsal. Jurnal JPDO, 7(2), 17-24.
Basuki, S. (2010). Metode Penelitian. Jakarta: Penaku.
Fadhilah, E. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Hak Asasi Manusia dalam Ideologi Pancasila. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7811-7818.
Lasa. (2009). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Pinus Book.
Perbowo, S. B. A. (2016). Studi Perbandingan Keterampilan Sosial Dalam Pembelajaran Ips Terpadu Antara Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Value Clarification Technique (Vct) Serta Role Playing (Rp) Dengan Memperhatikan Spiritual Quotient (Sq) Pada Siswa Smp Negeri 3 Pekalongan Lampung Timur Tahun Pelajaran 2014/2015.
Rif’an, T. A., & Khory, F. D. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR RENANG GAYA DADA (Studi Pada Siswa Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Renang Di SMKN 3 Kediri).
Rizky, T. S., & Zulkifli, Z. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Passing Serta Stopping Permainan Futsal Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan serta Konseling (JPDK), 5(4), 95-103.
Salmawati, S. (2022). Pembelajaran Kooperatif Terpadu Cirkuit Training Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan serta Hasil Belajar Permainan Bola Basket. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(19), 414-429.
Sucipto, S., Sumpena, A., & Wicaksono, M. A. M. (2023). Perbedaan Model Pembelajaran Tradisional serta Kooperatif Dalam Peningkatan Keterampilan Bermain Futsal. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 7(2), 561-575.
Tambunan, D. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di MIS Ikhwanul Muslimin Tembung (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Meserta).
Wahyuni, R., & Desiandri, Y. S. (2024). Hak Asasi Manusia (HAM) Pada Kebebasan Berpendapat/Bereksperesi dalam Negara Demokrasi di Indonesia. Jurnal Sains serta Teknologi, 5(3), 961-966.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 cahyo kuntoro

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially