Pengaruh Manajemen Sarana Prasarana Madrasah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.54622/academia.v4i2.78Keywords:
manajemen sarana dan prasarana madrasah, lingkungan kerja, kinerja guruAbstract
Kinerja guru sangat penting kaitannya dalam keberhasilan proses pembelajaran. Oleh karenanya penting untuk mengetahui faktor-faktor yang mampu meningkatkan kinerja guru. Faktor manajemen sarana prasarana penting dalam mempengaruhi kinerja guru. Hal ini dikarenakan manajemen sarana prasarana yang baik dapat memberikan kontribusi secara optimal jalannya proses pendidikan. Selain itu lingkungan kerja juga dapat mempengaruhi kinerja guru. Lingkungan kerja yang baik akan menfasilitasi mereka untuk kerja lebih baik pula.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan manajemen sarana prasarana madrasah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru MTs Negeri 7 Sragen tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh guru MTs Negeri 7 Sragen sebanyak 27 orang, sampel diambil sebanyak 27 orang diambil secara total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang sudah diuji kevalidan dan kereliabelannya. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda yang sebelumnya dilakukan analisis asumsi klasik.
Hasil penelitian ditemukan: (1) Ada pengaruh positif signifikan manajemen sarana dan prasarana madrasah terhadap kinerja guru, sehingga dapat diartikan semakin bagus manajemen sarana prasarana madrasah maka semakin tinggi kinerja guru, (2) Ada pengaruh positif signifikan lingkungan kerja terhadap kinerja guru, sehingga dapat diartikan semakin nyaman lingkungan kerja maka semakin tinggi kinerja guru, dan (3) Ada pengaruh manajemen sarana dan prasarana madrasah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru, sehingga dapat diartikan semakin bagus manajemen sarana prasarana madrasah dan didukung dengan semakin nyaman lingkungan tempat bekerja maka semakin meningkatkan kinerja guru. Dari hasil tersebut maka dapat disarankan agar semua warga sekolah mulai dari kepala madrasah, guru, stakeholder lain dan peserta didik selalu bekerjasama mengelola dan melakukan perawatan sarana dan prasarana madrasah yang sudah ada dan mebantu menciptakan kondisi lingkungan kerja yang kondusif agar kinerja guru dapat meningkat demi lancarnya proses pembelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sugito HS, Abdullah Hadziq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially