Pengaruh Motivasi Belajar Siswa dan Kedisiplinan Guru PAI Terhadap Akhlakul Karimah Siswa

Authors

  • Nurul Huda Pascasarjana Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta
  • Abdullah Hadziq Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.54622/academia.v4i2.69

Keywords:

motivasi belajar, kedisiplinan guru, akhlakul karimah

Abstract

Penanaman nilai-nilai kebaikan dan kebenaran serta berakhlak mulia peserta didik menentukan keberhasilan belajar mereka. Dorongan untuk mengubah diri menjadi baik dari dalam melalui penanaman nilai-nilai dan karakter positif akan menentukan keberhasilan peserta didik. Guru semestinya selalu membangkitkan motivasi belajar siswa dan memberikan suri taulan kedisiplinan yang baik kepada siswa. Siswa yang terbiasa melihat dan mencontoh atau meniru kebaikan gurunya besar kemungkinan akan menjadi orang baik sebagaimana tauladan yang diberikan guru. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa dan kedisiplinan guru PAI terhadap akhlakul karimah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 9 Gemolong Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2020/2021 baik secara parsial maupun simultan. Penelitian merupakan penelitian deskriptif korelasional yang bersifat field research. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 9 Gemolong Kabupaten Sragen sebanyak 140 siswa, sampel diambil sebanyak 70 siswa diambil secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang sudah diuji kevalidan dan kereliabelannya. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda yang sebelumnya dilakukan analisis asumsi. Hasil ditemukan: (1) Ada pengaruh positif signifikan motivasi belajar terhadap akhlakul karimah, sehingga dapat diartikan semakin tingi motivasi belajar siswa maka semakin meningkatkan akhlakul karimah siswa, begitu sebaliknya (2) Ada pengaruh positif signifikan kedisiplinan guru PAI terhadap akhlakul karimah siswa. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi kedisiplinan guru PAI maka semakin meningkatkan akhlakul karimah siswa, begitu pula sebaliknya, dan (3) Ada pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan guru PAI secara simultan terhadap akhlakul karimah siswa. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa didukung dengan semakin tinggi kedisiplinan guru PAI dalam mendidik maka semakin meningkatkan akhlakul karimah siswa, begitu pula sebaliknya. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disarankan para guru pengajar khususnya pendidikan agama islam mampu bekerjasama dengan guru BK, kepala sekolah, staf, orang tua dan masyarakat untuk mampu memberikan suri tauladan yang baik termasuk kedisiplinan dalam beribadah dan mendukung agar motivasi belajar siswa semakin meningkat agar pembentukan akhlakul karimah siswa menjadi lebih baik.

Downloads

Published

2022-02-26