Kontribusi Pendidikan Agama Islam di Lingkungan Keluarga dan Budaya Religius Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Beragama Siswa

Authors

  • Setyawati MIN 4 Sragen
  • A. Mufrod Teguh Mulyo Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.54622/academia.v4i2.63

Keywords:

Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga, Budaya Religius Sekolah, Kedisiplinan Beragama Siswa

Abstract

Pembentukan kedisiplinan beragama pada siswa terjadi melalui proses tertentu yakni melalui kontak sosial individu dengan individu, individu dengan kelompok, individu dengan lingkungan sekitar. Pemberian pendidikan agama dalam keluarga berpengaruh terhadap kedisiplinan beragama anak (sejak dini sampai remaja dan dewasa). Hal ini karena orang tua merupakan tempat yang utama dan pertama dalam mendidik anaknya. Penciptaan suasana atau budaya religius di sekolah berarti menciptakan suasana atau iklim kehidupan keagamaan di sekolah yang dapat membentuk kedisiplinan siswa dalam beragama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi Pendidikan Agama Islam dalam keluarga dan budaya religius sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan beragama siswa pada SMP Muhammadiyah 9 Gemolong Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2020/2021 secara parsial maupun simultan.

Penelitian merupakan penelitian survey yang dianalisis secara kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 378 siswa SMP Muhammadiyah 9 Gemolong Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2020/2021, sampel diambil sebanyak 30% dari total populasi, sehingga diperoleh sampel sebanyak 113 siswa yang diambil dengan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang sudah diuji kevalidan dan kereliabelannya. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pendidikan agama Islam dalam keluarga dan budaya religius sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan beragama siswa di SMP Muhammadiyah 9 Gemolong Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2020/2021 baik secara parsial maupun simultan.

Dari hasil tersebut maka dapat disarankan perlunya dipupuk kerjasama antara sekolah dengan keluarga dalam pembinaan kedisiplinan beragama siswa agar terwujud kepribadian siswa yang berdisiplin, perlunya masukan dan perhatian dari pihak sekolah melalui program sekolah tentang Pendidikan Agama Islam dalam keluarga, perlunya diciptakan budaya religius sekolah yang lebih menjawa tantangan dan permasalahan siswa terutama disesuaikan dengan tahap perkembangan usia remaja, perlu dilakukan penelitian lanjutan terkait kedisiplinan beragama siswa dengan memperhatikan faktor-faktor lain yang mempengaruhinya.

Downloads

Published

2022-02-26