Pengaruh Implementasi Direct Method Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Kelas VII G MTs PPMI Assalaam Sukoharjo
DOI:
https://doi.org/10.54622/academia.v3i1.52Keywords:
Bahasa Arab, Direct Method, Kemampuan MembacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi direct method terhadap peningkatan kemampuan membaca teks bahasa Arab. Jenis penelitian berupa penelitian korelasional kuantitatif merupakan penelitian yang melibatkan kegiatan pengumpulan data untuk menentukan adakah hubungan dan derajat hubungan antara beberapa variabel. Subjek penelitian yang digunakan yaitu guru Bahasa Arab kelas VII G MTs PPMI Assalaam Sukoharjo, Data yang didapatkan dilakukan dengan wawancara pada guru mata pelajaran Bahasa Arab kelas VII G di MTs PPMI Assalaam Sukoharjo. Pada penelitian ini penulis menggunakan analisis statistik dengan teknik analisa korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan implementasi Direct Method menurut bobot jawaban (a) nilai 3 masuk kriteria sangat baik, jawaban (b) nilai 2 masuk kriteria baik dan jawaban (c) nilai 1 masuk kriteria rendah. Maka nilai yang didapat adalah sangat baik, karena memperoleh nilai tertinggi 49,66%. Selain itu peningkatan kemampuan membaca teks bahasa Arab adalah baik, karena menunjukkan persenan nilai yaitu 78,6 Nilai Bahasa Arab siswa bagi karakter yang akan muncul di dalam diri siswa. Sementara itu penelitian menunjukkan pula bahwa tidak ada pengaruh implementasi direct method terhadap peningkatan kemampuan membaca teks bahasa Arab.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Bacharudin Sugiharto, Muhammad Yasin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially