Pengaruh Metode Al-Miftah Lil Ulum terhadap Keberhasilan Membaca Kitab Kuning Siswa

Authors

  • Muhammad Aldo Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta
  • Mardhiyah Agung Wahyuningsih FAI Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.54622/academia.v3i1.47

Keywords:

Keberhasilan Belajar, Kitab Kuning, Al-Miftah Lil Ulum

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Al-Miftah Lil Ulum terhadap keberhasilan membaca kitab kuning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan Kelas IX A SMP Walisongo, Karangmalang, Sragen, yang berjumlah 25 siswa. Dikarenakan populasi kecil, maka semua populasi diambil sebagai sampel yaitu sebanyak 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode Al-Miftah Lil Ulum selalu dilakukan oleh guru sesuai dengan proses pembelajaran yang ada di teori. Keberhasilan Membaca Kitab Kuning Siswa Kelas IX A SMP Walisongo Sungkul, Plumbungan, Karangmalang, Sragen Tahun Ajaran 2020/2021 kategori baik, dengan nilai rata-rata 96,08 berada pada interval 91-100 termasuk dalam kategori amat baik. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh Metode Al-Miftah Lil Ulum terhadap Keberhasilan Membaca Kitab Kuning Siswa Kelas IX A SMP Walisongo Sungkul, Plumbungan, Karangmalang, Sragen Tahun Ajaran 2020/2021. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil rxy (0,534), lebih besar daripada r dalam table untuk responden (N) 25 baik pada taraf signifikansi 5 % (0,396) maupun 1 % (0,505).

Downloads

Published

2020-08-29