ANALISA PENGGUNAAN KOIL STANDAR DENGAN KOIL RACING TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA SEPEDA MOTOR 4 TAK

Authors

  • Habib Masyhuda Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta
  • Anisa Nurjannah Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.54622/jist.v1i1.276

Keywords:

Koil Racing, Daya, Torsi, Sepeda Motor

Abstract

Penggunaan sistem pengapian elektronik pada sepeda motor telah menjadi tren di zaman sekarang. Sistem ini memberikan keuntungan dalam efisiensi kerja platina atau bahkan menghilangkan penggunaan platina sebagai komponen pengatur pengapian. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui perbandingan daya dan torsi motor yang menggunakan koil racing dan koil standar pada sepeda motor, serta untuk menganalisis kelebihan penggunaan koil racing pada motor. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan koil racing menghasilkan torsi yang sedikit lebih tinggi dan kecepatan yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan koil standar.

References

Oetman, JAS, et.al., Analisis Penggunaan Koil Racing Terhadap Daya Pada Sepeda Motor, Jurnal Teknik Mesin, Malang: Universitas Negeri Malang, 2014, No. 1, 46-56

Tahroni, Penggunaan Peraga Sistem Pengapian Sepeda Motor Cdi-Dc Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Identifikasi Sistem Pengapian, Semarang : Universitas Negeri Semarang, 2015, hal. 1-70

Utama, Sandra Kiyoga, et.al., Pengaruh Variasi Coil Sistem Pengapian Suzuki Satria Fu 150 Tahun 2012 Terhadap Torsi Dan Daya,Padang: Jurusan Teknik Otomotif FT UNP, 2020

Zuhri, muhamad saifudin, et.al., Perbandingan Pengaruh Putaran Mesin Terhadap Daya Dan Torsi Dengan Menggunakan Koil Standar Dan Koil Racing, Mojokerto : Universitas Islam Majapahit, 2020, No. 2, hal. 92-102

Downloads

Published

2024-02-21

How to Cite

Masyhuda, H. ., & Nurjannah, A. (2024). ANALISA PENGGUNAAN KOIL STANDAR DENGAN KOIL RACING TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA SEPEDA MOTOR 4 TAK. Jurnal Inovasi Sains Dan Teknologi, 1(1). https://doi.org/10.54622/jist.v1i1.276