Praktik Kurikulum Mandiri di Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah (KBTQ) Salatiga

Authors

  • Zia Ul Haq Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54622/fahima.v4i2.420

Keywords:

komunitas belajar, kurikulum mandiri, pendidikan alternatif, pendidikan individual, pusat kegiatan belajar masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik penyusunan hingga pelaksanaan kurikulum mandiri di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah (KBQT) Kalibening, Tingkir, Salatiga. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini ialah observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KBQT adalah lembaga pendidikan nonformal yang menerapkan pendekatan pendidikan individual, memerdekakan serta memosisikan warga belajar/siswa/murid sebagai aktor utama proses belajar. KBQT tidak menggunakan kurikulum pemerintah, melainkan mengembalikan penyusunan kurikulum langsung kepada warga belajar, sesuai dengan empat komponen utama kurikulum; (a) tujuan: menumbuhkan warga belajar yang mandiri dan bermanfaat (b) isi/materi: pengetahuan, keterampilan dan kecakapan apapun sesuai minat, (c) proses: praktik secara nyata dan diupayakan secara mandiri, (d) evaluasi: musyawarah bersama antarwarga belajar pascakegiatan. KBQT mempraktikkan kurikulum mandiri melalui tiga tahap, yaitu (a) persiapan/preparasi: musyawarah kegiatan bersama maupun individu, (b) pelaksanaan/eksekusi: kegiatan presentasi bergilir, diskusi ide, lokakarya praktis, dan pembuatan karya sampai pagelaran, (c) peninjauan/refleksi: diskusi tiap usai kegiatan, tiap pekan dan tiap semester.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, Erma Wiji. (2018) Pendidikan Partisipatif Pada Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah Salatiga. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 7(1), 71-83.

Baderiah. (2018). Pengembangan Kurikulum. LPK IAIN Palopo.

Bahruddin, Ahmad. (2019). Pendidikan yang Memerdekakan ala Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah. Dialektika & Pustaka Q-Tha.

Buladja, Roberto Duma. (2022). Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah Salatiga (Kajian Sekolah Alternatif dan Pemberdayaan Masyarakat). Satya Wacana University Press.

Corsini, Raymond. (1990). Individual Education and The 4rs. Educational Leadership: Association for Supervision and Curriculum Development, 48, 53.

Damayanti A., Novia., Vien P.H.B, Rima., Triyanto. (2024). Strategi Pemenuhan Hak Pendidikan Bagi Semua Anak oleh Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah Kota Salatiga. Academy of Education Journal, 15(1), 1-13.

Damayanti, Amalia Fitri., Wicaksono, Harto. (2020). Model Pendidikan Pengembangan Potensi Diri Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah Kota Salatiga. Solidarity 9(2), 990-1000.

Fauzan. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. GP Press.

Freire, Paulo. (1972). Pedagogy of The Oppressed. Penguin Books.

Gatto, John Taylor. (2009). Weapons of Mass Instruction. New Society Publishers.

Hasyim, Dardiri. (2022). Hak Asasi Manusia dan Homeschooling. UNS Press.

Hattie, John. (2020). The Visible Learning, Methodology For Finding What Works Best In Education. Corwin Press.

Hewitt, Megan Robin. (2021). Ilmu Lan Laku: The Arts of Praxis in Indonesian Transformative Movements. UC Berkeley Electronic Theses and Dissertations.

Imran, Sugiarto, Eko., Syakir. (2022). Form of Assessment in Community-Based Art Learning at The Qaryah Thayyibah Learning Community. Catharsis: Journal Of Arts Education, 26-36.

Kemdikbud. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab V Pasal 12 Ayat (1b).

Kurniawan, Emmanuel. (2022). Strategi Literasi Informasi di Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah: Pendekatan Konsep Literasi, Teori Empat Wacana Lacan dan Pedagogi Kritis. Retorik, 10(1), 85-106.

Pritchett, Lant. (2013). The Rebirth of Education. Brookings Institution Press.

Shabrina, A.O., Mulyanto, Harini. (2018). Input of Forum Sanggar in PKBM Qaryah Thayyibah. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR) ICALC, 279, 141-146.

Shofwan, Imam., Kuntoro, Sodiq Aziz. (2014). Pengelolaan Program Pembelajaran Pendidikan Alternatif Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah di Salatiga Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 50-62.

Published

2025-06-30

How to Cite

Haq, Z. U. . (2025). Praktik Kurikulum Mandiri di Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah (KBTQ) Salatiga. Fahima, 4(2), 169–190. https://doi.org/10.54622/fahima.v4i2.420

Issue

Section

Article