DINAMIKA PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI

Authors

  • Hairunnisa Hairunnisa STAI Kuala Kapuas
  • Misywatul Adawiyah STAI Kuala Kapuas
  • Rahma Mardatillah STAI Kuala Kapuas

DOI:

https://doi.org/10.54622/aijis.v2i1.390

Keywords:

Dynamics, Class Management, Quality of Islamic Religious Education Learning

Abstract

Dynamics is defined as changes, movements and interactions that occur in a particular system or context. Classroom dynamics and management are closely related and interrelated. Classroom management dynamics refers to the interactions and relationships that occur between teachers, students, and the learning environment. Understanding the dynamics of classroom management is the key to effective classroom management. The dynamics of classroom management involve strategies for maintaining student involvement, managing behavior, and creating a quality and effective learning environment for all students. Therefore, this research aims to examine the dynamics of classroom management in improving the quality of PAI learning. This research uses qualitative methods that are descriptive and analytical, a research technique that uses narrative or words to explain and describe the meaning of each phenomenon, symptom and particular social situation. Therefore, researchers need to master theory to analyze the gaps that occur between theoretical concepts and the facts that occur. The research results show that efficient classroom management is considered an absolute qualification in the teaching and learning process. There are several important components in classroom management, namely arranging the classroom, arranging classroom equipment, using learning media, and implementing classroom management approaches. Teachers have an important role in classroom management with psychological, cognitive, affective and psychomotor competencies. Implementation of classroom management must be carried out well to create a quality and effective learning atmosphere in PAI learning
Abstact: Dynamics, Class Management, Quality of Islamic Religious Education Learning
Dinamika diartikan sebagai perubahan, pergerakan, dan interaksi yang terjadi dalam suatu sistem atau konteks tertentu. Dinamika dan pengelolaan kelas memiliki hubungan yang erat dan saling berkaitan. Dinamika pengelolaan kelas mengacu pada interaksi dan hubungan yang terjadi antara guru, siswa, dan lingkungan belajar. Dengan memahami dinamika pengelolaan kelas merupakan kunci untuk pengelolaan kelas yang efektif. Dinamika pengelolaan kelas melibatkan strategi untuk mempertahankan keterlibatan peserta didik atau siswa, mengelola perilaku, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang berkualitas dan efektif bagi seluruh peserta didik. Maka dari itu Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dinamika pengelolaan kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dan analisis, suatu teknik penelitian yang menggunakan narasi atau kata-kata dalam menjelaskan dan menjabarkan makna dari setiap fenomena, gejala, dan situasi sosial tertentu. Karena itu peneliti perlu menguasai teori untuk menganalisis kesenjangan yang terjadi antara konsep teoritis dengan fakta yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas yang efisien dianggap sebagai suatu kualifikasi yang mutlak dalam proses belajar mengajar. Terdapat beberapa komponen penting dalam pengelolaan kelas, yaitu menata ruang kelas, menata peralatan kelas, menggunakan media pembelajaran, dan menerapkan pendekatan-pendekatan pengelolaan kelas. Guru memiliki peran penting dalam pengelolaan kelas dengan kompetensi psikologis, kognitif, afektif, dan psikomotor. Pelaksanaan pengelolaan kelas harus dilakukan dengan baik untuk menciptakan suasana belajar yang berkualitas dan efektif dalam pembelajaran PAI
Abstrak: Dinamika, Pengelolaan Kelas, Kualitas Pembelajaran PAI

References

Ernawati, E. (2022). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Menerapkan Model Pembelajaran Inovatif Project Based Learning (PjBL). Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 5(6), 6. https://doi.org/10.20961/shes.v5i6.84463

Luthfika, A. L., Hunsussyifa, A., & Silalahi, V. (2024). ANALISIS PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 1. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i1.2639

Rachman, A., Yochanan, E., Samanlangi, A., & Purnomo, H. (2024). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D.

Rintan, R. W. A., Pribadi, R. A., & Intan, R. N. (2023). DINAMIKA KOMUNITAS GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN. Jurnal Genta Mulia, 14(2). https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.474

Riyani, W. I. (2023). Pengelolaan Kelas dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 21(1), 1.

Siahaan, M. N., Qur’ani, B., Khasanah, U., Nurhijrah, N., Rahmat, A., Suryana, S., Trisnawati, S. N. I., Nenoliu, D. S., Natsir, N., Sopaheluwakan, A. R., Wahyuni, A. D., Hamsar, I., & Dalle, A. (2024). MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS. Penerbit Tahta Media. http://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/715

Somantri, D., Magdalena, M., Parameswara, M. C., & Windayana, H. (2021). Peran Pengelolaan Kelas untuk Meningkatkan Efektivitas dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 3. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.217

Tumanggor, A. A. A., Neviyarni, & Nirwana, H. (2022). Pengelolaan Kelas Sebagai Acuan Pembelajaran Aktif: Array. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 2. https://doi.org/10.56480/eductum.v1i2.737

Wahid, A., Muhardi, M., & Tahir, M. (2023). ANALISIS PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN BELAJAR. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 2(2), 2. https://doi.org/10.58917/aijes.v2i2.69

Downloads

Published

2025-01-13

How to Cite

Hairunnisa, H., Adawiyah, M., & Mardatillah, R. (2025). DINAMIKA PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI. Al-Iqro’, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.54622/aijis.v2i1.390

Issue

Section

Articles