Pengaruh Pemanfaatan Teknologi LCD dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Alqur'an Hadits

Authors

  • Restuti Waginem MTs Negeri 2 Surakarta
  • Mulyoto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.54622/academia.v4i2.68

Keywords:

Pemanfaatan Teknologi LCD, Prestasi Belajar, Motivasi Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh teknologi LCD terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Al-Anis Ngemplak, Kartasura Tahun Pelajaran 2019/2020, (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Al-Anis Ngemplak, Kartasura Tahun Pelajaran 2019/2020, (3) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan teknologi LCD dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII SMP Al-Anis Ngemplak, Kartasura Tahun Pelajaran 2019/2020.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 124 siswa diambil melalui sampel kelas VIII. Data diambil melalui angket, dengan uji validitas dan reliabilitas pada 67 responden di dalam populasi. Data penelitian di analisis dengan teknik regresi ganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pemanfaatan tayangan LCD di kelas VIII SMP Islam Terpadu Al-Anis Ngemplak, Kartasura Tahun Pelajaran 2019/2020 pada kategori baik, (2) motivasi belajar siswa di kelas VIII SMP Islam Terpadu Al- Anis Ngemplak, Kartasura Tahun Pelajaran 2019/2020 pada kategori baik, (3) persepsi belajar di kelas VIII SMP Islam Terpadu Al-Anis Ngemplak, Kartasura Tahun Pelajaran 2019/2020 pada kategori baik, dan (4) pengaruh pemanfaatan tayangan LCD dan motivasi belajar terhadap prestasi siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Al-Anis Ngemplak, Kartasura Tahun Pelajaran 2019/2020 menunjukkan hubungan positif yang signifikan. Keduanya berpengaruh secara bersama-sama ditunjukkan dengan perolehan nilai probabilitas uji signifikasi yang meningkat.

Downloads

Published

2022-02-26