Pengaruh Dzikir Ratib Al-Haddad dan Akhlak Guru Terhadap Minat Belajar Siswa

Authors

  • Moh. Aripin Pascasarjana Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta
  • Khoiruddin Nasution UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.54622/academia.v4i2.67

Keywords:

Dzikir Ratib Alhaddad, Akhlak Guru, Minat Belajar Siswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ada tiga. Pertama, untuk mengetahui pengaruh Dzikir Ratib Alhaddad terhadap Minat Belajar siswa Madrasah Diniyah Lauchur Rohmah Sidoharjo Sragen tahun pelajaran 2020/2021. Kedua, untuk mengetahui pengaruh Akhlak Guru terhadap Minat belajar siswa Madrasah Diniyah Lauchur Rohmah Sidoharjo Sragen tahun pelajaran 2020/2021. Ketiga,  untuk mengetahui pengaruh Dzikir Ratib Alhaddad dan Akhlak Guru terhadap Minat Belajar siswa Madrasah Diniyah Lauchur Rohmah Sidoharjo Sragen tahun pelajaran 2020/2021.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah populasi dengan analisis korelasi dan regresi. Data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan menggunakan angket dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa Madrasah Diniyah Lauchur Rohmah Sidoharjo Sragen tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 30 siswa. Maka seluruh jumlah siswa digunakan untuk populasi penelitian. Pengambilan populasi penelitian menggunakan seluruh siswa menurut Sugiyono, dengan jumlah populasi  sebesar 30, maka populasi yang akan diteliti  seluruhnya yaitu 30 siswa Madrasah Diniyah Lauchur Rohmah Sidoharjo Sragen tahun pelajaran 2020/2021.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat dicatat tiga kesimpulan. Pertama, Pengaruh Dzikir Ratib Alhaddad terhadap Minat Belajar siswa Madrasah Diniyah Lauchur Rohmah Sidoharjo Sragen tahun pelajaran 2020/2021 positif dan signifikan. Artinya semakin tinggi Dzikir Ratib Alhaddad maka akan semakin tinggi minat belajar siswa. Kedua, Pengaruh Akhlak Guru terhadap minat belajar siswa Madrasah Diniyah Lauchur Rohmah Sidoharjo Sragen tahun pelajaran 2020/2021 positif dan signifikan. Artinya semakin tinggi Akhlak Guru semakin tinggi minat belajar siswa. Ketiga, Pengaruh Dzikir Ratib Alhaddad dan akhlak guru terhadap minat belajar siswa Madrasah Diniyah Lauchur Rohmah Sidoharjo Sragen tahun pelajaran 2020/2021 secara bersama-sama (simultan) adalah positif dan signifikan. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Dzikir Ratib Alhaddad dan Akhlak Guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat belajar siswa.

Kata kunci:

Downloads

Published

2022-02-26